kenapa sih harus belajar matematika??
Banyak orang yang mungkin bertanya-tanya termasuk aku.
Aku adalah mahasiswa semester 7 Pendidikan Matematika Universitas Lampung yang sedang dalam proses menyusun skripsi.
tapi.. saat ini sedang dilanda kejenuhan,, selain karna skripsi yang tak begitu jelas (menurut ku). juga karena kegiatan sehari-hariku yang memang tidak produktif (aku rasa)
--> stopp... jangan curhat mulu :p
yap.. kenapa? kenapa..?
Matematika itu bukan sesuatu yang sulit, dulu aku ngerasa "sulit sekali untuk terbiasa dengan matematika"
saat aku menjalani semester demi semester di matematika aku mulai terbiasa. memang bukan kerja santai.. butuh kerja keras sampe ga pernah tidur saat minggu ujian atau kuis.. sungguh melelahkan.. tapi.. hasil yang aku rasakan saat ni, aku bisa lebih santai dibanding dengan teman-teman yang memang saat aku sibuk mereka santai.
setelah baca beberapa artikel ni, sedikit penjelasan mengapa matematika itu perlu..
* Cara berpikir matematika yang sistematis
terutama ketika dalam tahap pemecahan masalah, diperlukan rangkaian cara yang sistematis yang sangat diperlukan agar pemecahan masalah dapat dengan jelas teratasi. Tahap inilah yang akan sangat berpengarug dalam kehidupan nyata. Dalam menghadapi sesuatu sangatlah dibutuhkan tindakan yan sistematis, dengan dilatihnya dalam matematika seseorang akan menjadi terbiasa dalam merangkai pemecahan masalah yang sistematis.
* cara berpikir matematika yang deduktif
maksunya dari hal yang umum menuju ke khusus. Dalam hal ini, setia kesimpulan yang diambil adalah berasarkan anlisa dari hal-hal yang menjadin sebab terjadinya suatu peristiwa. leh karena itu setiap kejadian tidak akan mungkin terjadi secara kebetulan, namun berdasarkan sebab-sebab yang lebih logis lagi, Dan di sinilah konsep deduktif itu berguna.
* Menjadi seorang yang lebih teliti dan cermat
Matematika yang melibatkan banyak angka dan tentunya perhitungan yang bersifat abstrak. hal inilah yang menuntut siswa untuk bisa lebih teliti dan cermat dalam menyelesaikan perhitungan dalam matematika. inilah yang akan melengkapi seseorang dalam melakukan atau menghadapi sebuah permasalahan. tidak hanya asal tetapi diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam bertindak agar tidak terjadi hal-hal yang nantinya akan merugikan.
* Matematika menjadikan sabar
tidak sedikit soal matematika yang menuntut kejelian dalam mencapai sebuah jawaban. Ketika sangan sulit soal tersebut, an memerlukan pemikiran yang tidak singkat, saat itulah diharapkan tidak boleh berputus asa dan selalu sabar. ini menjadi hal yang sangat penting dalam menghadapi kehidupan sebenarnya.
* yang terpenting penerapan matematika
penerapan
matematika dalam kehidupan nyata tentunya sangat banyak diantaranya,
menghitung uang, laba dan rugi, masalah pemasaran barang, dalam
teknik, bahkan hampir semua ilmu di dunia ini pasti menyentuh yang
namanya matematika
nahhh..
seperti itulah sedikit kegunaan matematika dalam kehidupan nyata..
sedikit mendukung aku dalam menekuni matematika
rumit sulit siih betul..
mau dihindarin gak mungkin
buat santai aja.. semakin tekun dan teliti, gak lupa buat berpikir sistematis..
pasti kehidupan akan lebih bermanfaat..
yey.. :D
Selasa, 02 Desember 2014
Senin, 06 Oktober 2014
KKN PPL
sejak 1 januari 2011 aku mulai membuat komitmen dengan pasangan ku..
saat ini sudah 3 tahun 9 bulan 6 hari hubungan itu ada.. dan aku pun menyadarinya..
memang dibilang ga terasa itu bohong.. kalo dibilang terasa itu ya iya siih.. tenyata uda cukup lama ya..?
suatu malam,, pacar ku datang.. dengan penuh canda tawa kami bercerita tentang keluh kesah yang selama ini dipendam saat aku jauh,, kurang lebih 2 bulan 3 minggu,, karena KKN PPL, sebuah tugas kuliah yang harus ditempuh karena wajib demi kelancaran kuliah ku...
penempatan di Lampung Barat, lebih tepatnya lagi di Kecamatan Batu Brak, Pekon Balak,, sebuah pekon yang artinya desa yang besar...
suatu hubungan yang sulit untuk aku lewati dengan kekasih ku.. sungguh sulit..
karena kami harus terbiasa berhubungan lewat telfon atau sms saja..tanpa ada pertemuan..
sungguh mengerikan...
sempat ingin menyerah, namun aku yakin bahwa hal seperti ini ga akan lama..
dengan terjalinnya hubungan dekat ku bersama siswa-siswi SMA N 1 Batu Brak.. sungguh indah dapat kunikmati itu,, namun di sisi lain si do'i tak sanggup untuk menerima kehadiran mereka.. kujelaskan karena inilah profesi ku yang sesungguhnya... yang memang harus dekat dengan siswa agar pembelajaranku di kelas dapat terlaksana.. maklum... cowok over protektif
dulu aku ga suka sama sekali ma cowok over kaya gt.. karena itu pun aku jadi putus dengan mantan ku,,,
tapii.. sekarang entah kenapa aku bisa terima dengan lapang dada apapun keputusan yang dia ambil, asalkan masih dalam koridor baik.. aku masih sadar kok..
kebersamaan yang hampir 4 tahun ini uda membuat ku mulai belajar mengerti gimana cara menerima semua sisi dari calon pasangan hidup ku.
sampai detik ini terbesit dalam fikiran ku.. apakah memang dia jodoh ku.. hanya Allah yang tau.. selalu kupanjatkan doa ya Allah jika memang dia jodoh ku dekatkanlah,, namun jika bukan tunjukanlah jalanMu..
Santai namun pasti
suatu hubungan yang selama ini aku jalani dengan si dia,,
restu orang tua lambat laun terlihat sungguh terasa..
nikmati dulu masa muda mu.. kalo bisa bahagiain dulu, dan turutin apa mau orang tua,, ga usah lah buru-buru merried.. seneng di a
wal hari menikah,, dan bahagia saat menjalani rumah tangga,, itu yang penting..
tapi kalo cum ingin cepet2 aja tu nikah,, pasti gak di fikirkan untuk menjalani rumah tangga nya,, heheee
malah ngomongin nikah ya..
ga papa,, its oke aku rapopo..
huu,,,
cerita ini ditulis dengan alur yag ga karuan..
jadi bagi pembaca boleh komen sesuka hati,, namun yang sopan,, :)
hanya ingin berbagi pengalaman..
saat ini sudah 3 tahun 9 bulan 6 hari hubungan itu ada.. dan aku pun menyadarinya..
memang dibilang ga terasa itu bohong.. kalo dibilang terasa itu ya iya siih.. tenyata uda cukup lama ya..?
suatu malam,, pacar ku datang.. dengan penuh canda tawa kami bercerita tentang keluh kesah yang selama ini dipendam saat aku jauh,, kurang lebih 2 bulan 3 minggu,, karena KKN PPL, sebuah tugas kuliah yang harus ditempuh karena wajib demi kelancaran kuliah ku...
penempatan di Lampung Barat, lebih tepatnya lagi di Kecamatan Batu Brak, Pekon Balak,, sebuah pekon yang artinya desa yang besar...
suatu hubungan yang sulit untuk aku lewati dengan kekasih ku.. sungguh sulit..
karena kami harus terbiasa berhubungan lewat telfon atau sms saja..tanpa ada pertemuan..
sungguh mengerikan...
sempat ingin menyerah, namun aku yakin bahwa hal seperti ini ga akan lama..
dengan terjalinnya hubungan dekat ku bersama siswa-siswi SMA N 1 Batu Brak.. sungguh indah dapat kunikmati itu,, namun di sisi lain si do'i tak sanggup untuk menerima kehadiran mereka.. kujelaskan karena inilah profesi ku yang sesungguhnya... yang memang harus dekat dengan siswa agar pembelajaranku di kelas dapat terlaksana.. maklum... cowok over protektif
dulu aku ga suka sama sekali ma cowok over kaya gt.. karena itu pun aku jadi putus dengan mantan ku,,,
tapii.. sekarang entah kenapa aku bisa terima dengan lapang dada apapun keputusan yang dia ambil, asalkan masih dalam koridor baik.. aku masih sadar kok..
kebersamaan yang hampir 4 tahun ini uda membuat ku mulai belajar mengerti gimana cara menerima semua sisi dari calon pasangan hidup ku.
sampai detik ini terbesit dalam fikiran ku.. apakah memang dia jodoh ku.. hanya Allah yang tau.. selalu kupanjatkan doa ya Allah jika memang dia jodoh ku dekatkanlah,, namun jika bukan tunjukanlah jalanMu..
Santai namun pasti
suatu hubungan yang selama ini aku jalani dengan si dia,,
restu orang tua lambat laun terlihat sungguh terasa..
nikmati dulu masa muda mu.. kalo bisa bahagiain dulu, dan turutin apa mau orang tua,, ga usah lah buru-buru merried.. seneng di a
wal hari menikah,, dan bahagia saat menjalani rumah tangga,, itu yang penting..
tapi kalo cum ingin cepet2 aja tu nikah,, pasti gak di fikirkan untuk menjalani rumah tangga nya,, heheee
malah ngomongin nikah ya..
ga papa,, its oke aku rapopo..
huu,,,
cerita ini ditulis dengan alur yag ga karuan..
jadi bagi pembaca boleh komen sesuka hati,, namun yang sopan,, :)
hanya ingin berbagi pengalaman..
![]() | |||||||||||||||||||
waktu tiba di Islamic Center Liwa Lampung Barat |
Sabtu, 09 November 2013
COWOK CUEK
perasaan yang paling gak enak itu saat seorang pasangan merasa dicuekin...
cuek dalam hal apapun itu gak enak..
lebih lagi saat salah satu dari pasangan itu merasa membutuhkan, tapi pasangan merasa "takut salah"
ishh,,, aneh jadinya..
aneh juga,,, kenapa kebanyakan yang jadi sosok icon yang cuek itu ada di cowok..
memang,, tapi menurutku cuek itu sesuatu hal yang menarik,,
berdasarkan kata orang cuek itu gak berarti gak sayang looh (dalam suatu hubungan) ...
justru di balik kecuekan si dia itu sebenernya sayang loh,,, (udah dibuktikan) ^_^
![]() | |
love is simple |
orang cuek emang selalu keliatan nyebelin, apalagi di mata pasangannya. mereka keliatan ga peduli sama perasaan pasangannya. padahal dalam hatinya mereka peduli. sangat sangat peduli. cuma mereka nggak tau gimana caranya nunjukkin rasa peduli itu,, itu yang biasanya terlalu sederhana,, jadi terkadang masing2 pasangan ada yang kurang mengerti...
cowok cuek itu gak boleh dipandang dari sisi negatif looh...
justru sebagai cewek yang punya cowok cuek itu beruntung... karna sisi positifnya itu ada,,, nahh.. nii yang mau tau ciri dari cowok yang cuek tapi sayang..
* orang cuek juga bisa sayang, cuma cara mereka nunjukinnya emang beda, mereka punya cara sendiri buat nunjukkin rasa cinta dan sayangnya,,
* gak pernah nunjukin rasa cemburu kalo kamu lagi deket sama cowo atau cewe lain. tapi asal kamu tau, dalam hati mereka rasanya pengen meledak, pengen teriak sekenceng2nya kalo mereka takut kehilangan kamu. tapi mereka gak bisa ngelakuin itu.
* keliatan kayak gak peduli kalo kamu sedih. padahal sebenernya mereka gak mau ngeliat kamu sedih. rasanya mereka pengen meluk kamu, menghapus air mata kamu, dan bilang,"jangan sedih lagi ya sayang. kan masih ada aku yang sayang kamu." atau kata2 sejenis itu. tapi yang akhirnya keluar dari mulut mereka,"Udah, gak usah nangis. Jangan dipikirin."
* orang2 cuek biasanya jauh dari kata romantis. mereka emang ga bisa ngebuai kamu dengan sikap2 romantisnya. tapi percaya deh, mereka sebenernya berusaha untuk bisa keliatan romantis walaupun bagi kamu itu belom romantis.
* jarang sms atau telpon kamu. bahkan untuk sekedar nanya,"Sayang, lagi ngapain? udah makan belom?" itu rasanya berat banget. tapi bukan berarti mereka gak mikirin kamu. mereka cuma bisa bertanya2 dalam hati. "gimana kabarnya hari ini?" , "dia lagi apa ya?" , "udah makan belom dia ya?" , "lagi sama siapa ya?" mereka cuma nungguin kamu yang ngasih kabar ke mereka. dan waktu kamu udah ngasih kabar, hati mereka rasanya lega karna semua pertanyaan di hatinya udah kejawab. dan..
* sebenernya orang2 cuek itu bener2 gak mau kehilangan orang yang disayang, sama kya orang2 normal lainnya. tapi anehnya, mereka gak bisa nahan kamu waktu kamu bilang udah gak tahan sama sikapnya yang cuek. mereka cuma bisa pasrah ngeliat kamu pergi. tapi percayalah, dalam hati mereka, mereka bener2 cinta dan sayang kamu. mereka cuman mau yang terbaik buat kamu. biar kamu bisa bahagia, bukan menderita hidup sama orang cuek kya mereka.
thats all...
^murnie
Kamis, 31 Oktober 2013
semester v gue,,,
SEMESTER V DI MATH EDU '11 UNIVERSITAS LAMPUNG
Yang baru nih di semester 5......
^ cara belajar
^ jadwal kuliah
^ jadwal kuliah
^ jadwal pulang kampung
^ dan lain-lain...
berasa beda banget di semester ini,, tugas rumah jarang sii,, tapi banyak belajar bareng,, tapi dengan adanya belajar bareng ini kekompakkan bareng ma temen-temen jadi bertambah looh...
oh iya,, seneng nya kalo pas belajar bareng itu bisa tanya jawab sesuka hati sampe mudeng deh mata kuliahnya...
yang perlu diperhatikan kalo lagi bareng2 gitu tu,, pengertiannya ma temen sendiri, jangan egois. dijamin belajarnya mulus deh....
tiap hari liburnya nih,, hari rabu dan hari jumat, tiap jam 9 si bebeb laili yang uda pasti nongol di depan kostan ku yang tak seberapa ini,, uda ngucap salam sambil ketok puntu kamar ku,,, nahhh looo,,, kadang aja baru selesai mandi saya,,, iaaa waalaikumsalam bebeb,, masuk dulu,, tunggu bentarr belum pakek jilbab kataku,,,
wahh,,temen ku sungguh sangat setia,, pernah nih yang dia sempet lupa sejenak untuk jemput aku, yang akhirnya setelah nyampe lampu merah unila, dengan gesit si bebeb puter balik motornya untuk jemput aku,,m ohh bebeb ku.. hahahaa
udanya siap beres tinggal berangkat ke rumah belajar yang kadang aku dan temen-temen bilang basecamp yang ke-2 soalnya basecamp pertama ada di kostan bebeb laili,, karena kostannya deket kampus,, jadi bisa buat numpang solat dan menyambung waktu untuk jam kuliah berikutnya,,,,,
wahh temen2 ku ini bisa diandalkan untuk cari kostan.,, ahahaha :D
nahh looo,,, belajar deh ampe jam makan siang tiba,, dan lanjut lagi untuk menempuh perjalanan waktu ke sore hari.....
selalu sibuk dengan hal yang begitu itu,, hmmm...
tapi aku nikmatin kok,,,
aman.....
:*
aman.....
:*
Senin, 26 Agustus 2013
menjelang libur semester bersama angkatan 2011 P.Matematika Unila
menjelang libur semester adalah waktu yang cocok untuk berlibur bersama teman-teman angkatan.
bertepatan dengan berakhirnya ujian akhir semester yang membuat kepala kliengan dan panas, butuh di-refresh-kan. salah satunya adalah dengan cara pergi ke pantai....
pantai yang kami tuju adalah pantai klara, di Bandarlampung di daerah sekitar Hanura, tempatnya begitu indah,, dengan area yang teduh karena banyak sekali pohon kelapa di sana, cocok untuk bermain Game bareng temen, berfoto foto ria dan bersenang-senang deh..
bener-bener bikin fresh pikiran...
:)
dan alhasil....
~ di depan saung nihhh...
~ di bawah pohon... "teduh kann....."
~ di pinggir pantainya nih... "lagi surut"
~ di deket dermaga "eksis juga"
~ trio kwok-kwok ^_^
Asik banget bareng ma temen-temen di sana..
Kelapa rapet (klara)
bertepatan dengan berakhirnya ujian akhir semester yang membuat kepala kliengan dan panas, butuh di-refresh-kan. salah satunya adalah dengan cara pergi ke pantai....
pantai yang kami tuju adalah pantai klara, di Bandarlampung di daerah sekitar Hanura, tempatnya begitu indah,, dengan area yang teduh karena banyak sekali pohon kelapa di sana, cocok untuk bermain Game bareng temen, berfoto foto ria dan bersenang-senang deh..
bener-bener bikin fresh pikiran...
:)
dan alhasil....
~ di depan saung nihhh...
~ di bawah pohon... "teduh kann....."
~ di pinggir pantainya nih... "lagi surut"
~ di deket dermaga "eksis juga"
~ trio kwok-kwok ^_^
Asik banget bareng ma temen-temen di sana..
Kelapa rapet (klara)
Jumat, 15 Maret 2013
sejarah sistem koordinat
SEJARAH
SISTEM KOORDINAT
Menurut
ahli sejarah, Heroditus (450 M)
menyatakan bahwa geometri berasal dari Mesir. Ilmu geometri lahir dari tradisi
pengukuran tanah di tepi sungai NIL.
Pengukuran tanah senantiasa dilakukan sebagai akibat banjir yang sering
terjadi. Sebuah manuskrip tua orang Mesir bertajuk Papyrus Rhind yang ditulis
oleh Ahmes 200 SM (saat ini disimpan di
musium London Inggris) menginformasikan tentang aturan-aturan dan
rumus-rumus untuk mencari luas ladang dan isi gudang gandum yang digunakan
waktu itu.
Orang
mesir juga telah mengetahui bahwa bentuk Al-jabar ax + b = 0 secara geometri dapat
dinyatakan sebagai garis lurus. Demikian pula dengan bentuk-bentuk pangkat dua,
telah mampu mereka wujudkan sebagai bentuk-bentuk seperti ellips, parabola, dan hiperbola.
Matematikawan
Rane Discartes, yang lahir di sebuah Desa
La Haye Prancis 1596, adalah orang yang memiliki ketertarikan pada
bidang geometri ini. Descrates telah menemukan sebuah metode untuk menyajikan
sebuah titik sebagai bilangan berpasangan dalam sebuah bidang datar.
Bilangan-bilangan tersebut terletak pada dua garis saling tegak lurus satu
dengan lainnya dan berpotongan di sebuah titik dinamakan Origin (0,0), biasanya disimbolkan
dengan huruf kapital O (0,0).
Bidang
itu dinamakan bidang KOORDINAT atau lebih dikenal dengan bidang CARTESIUS.
Istilah Kartesius
digunakan untuk mengenang ahli matematika sekaligus filsuf dari Perancis
Descartes, yang perannya
besar dalam menggabungkan aljabar dan geometri (Cartesius adalah latinisasi
untuk Descartes). Hasil kerjanya sangat berpengaruh dalam perkembangan geometri
analitik, kalkulus, dan kartografi.
Ide dasar
sistem ini dikembangkan pada tahun 1637 dalam dua tulisan karya Descartes. Pada bagian kedua dari
tulisannya Discourse on Method,
ia memperkenalkan ide baru untuk menggambarkan posisi titik atau obyek pada sebuah permukaan, dengan
menggunakan dua sumbu yang bertegak lurus antar satu dengan yang lain. Dalam
tulisannya yang lain, La Géométrie, ia
memperdalam konsep-konsep yang telah dikembangkannya.
Bidang
koordinat terbagi dalam 4 kwarter atau kuadran. Contoh, P adalah sebuah titik
(3,5). Bilangan 3 dinamakan koordinat x untuk P, dan bilangan 5 dinamakan
koordinat y utnuk P. Selanjutnya koordinat y disebut ordinat.
Dengan
kelahiran bidang koordinat, terjadilah revolusi besar dalam bidang matematika.
Dengan cerdasnya Descartes menyajikan bentuk-bentuk aljabar yang dilahirkan
oleh orang-orang Mesir dan Khawarizmi
ke dalam bentuk permasalah goemetri secara sistematik.
Descartes
mampu “mengahadirkan dan menjerat” pengetahuan matematika masa lampau kedalam
sistem koordinatnya. Kini Al-jabarnya orang-orang Mesir dan Khawarizmi hadir
tidak lagi sebagai bentuk bangun belaka melainkan muncul sebagai bentuk yang
lengkap dengan koordinatnya.
Pada
tahun 1649, Ratu Cristina
mengundang Descartes ke Stockholm
Swedia guna mengajarinya ilmu filsafat. Dalam pandangan hidupnya,
Descartes menolak untuk mempercayai segala sesuatu sampai dia bisa membangun
atau menemukan landasan untuk mempercayai hal itu sebagai sebuah kebenaran.
Pandangan Descartes yang paling terkenal adalah “Cagito, ego Sum” (saya berfikir oleh karenanya saya ada). Pada tahun
1650, Descartes meninggal dalam undangan Ratu Cristina di Swedia tersebut.
Rene Descartes (1596-1650) - Penemu Ilmu Ukur Koordinat
Ilmu ukur koordinat ditemukan oleh Rene
Descartes.
Descartes adalah penemu
berkebangsaan Perancis, lahir pada 31 Maret 1596 dan meninggal di Stockholm,
Swedia pada 11 Februari 1650 ( usia 53 tahun ).
·
Koordinat
Kartesius
Di dalam matematik, sistem
koordinat Cartes adalah satu sistem yang menilai suatu titik secara unik di
dalam satu satah menerusi dua nomor, biasanya
dikenali sebagai koordinat-x atau absisa dan koordinat-y atau ordinasi suatu
titik. Untuk mentakrifkan titik itu dua garis
lurus yang berserenjang (paksi-x dan
paksi-y) ditentukan bersama-sama dengan unit panjang yang ditandakan pada
kedua-dua paksi. Sistem koordinat Cartesian juga digunakan dalam ruang (yang mana
tiga koordinat digunakan) dan di dalam dimensi yang lebih tinggi.
Koordinat
adalah dua bilangan atau huruf yang menjelaskan posisi di peta, grafik, dan
bagan. Koordinat mendatar (x) selalu ditulis pertama dan koordinat cacak (y)
ditulis kedua.
ABSIS dan ORDINAT
Satu titik
P pada bidang Cartesius dinyatakan dengan pasangan terurut x dan y. Bilangan
pertama disebut absis dan kedua disebut ordinat.Koordinat titik P di tulis
P(x,y).
Contoh : mana dari titik berkoordinat
(-1,9) yang disebut absi adalah “-1” dan ordinat adalah “9”.
Sumber: Roy Hollands : Erlangga
Pengertian Kuadran
Ketika kamu memplotkan koordinat,
sumbu – sumbu membentuk 4 kuadran. Pada kuadran I kedua koordinatnya positif
(+) atau ditulis ( +, +), kuadran II x negatif (-) dan y
positif ( +, -), kuadran III x dan y negatif (- , -),
kuadran IV x positif dan y negatif (+,-)
Dalam matematika, Sistem koordinat Kartesius digunakan
untuk menentukan tiap titik dalam bidang dengan menggunakan
dua bilangan
yang biasa disebut koordinat x dan koordinat y dari titik tersebut.
Untuk mendefinisikan koordinat diperlukan dua garis
berarah yang tegak lurus satu sama lain (sumbu x dan sumbu y), dan panjang
unit, yang dibuat tanda-tanda pada kedua sumbu tersebut (lihat Gambar 1).
Sistem koordinat Kartesius dapat pula digunakan pada
dimensi-dimensi yang lebih tinggi, seperti 3 dimensi, dengan menggunakan tiga
sumbu (sumbu x, y, dan z).
Istilah Kartesius
digunakan untuk mengenang ahli matematika sekaligus filsuf dari Perancis
Descartes, yang perannya
besar dalam menggabungkan aljabar dan geometri (Cartesius adalah latinisasi
untuk Descartes). Hasil kerjanya sangat berpengaruh dalam perkembangan geometri
analitik, kalkulus, dan kartografi.
Ide dasar sistem ini dikembangkan pada tahun 1637 dalam dua tulisan
karya Descartes. Pada bagian kedua dari tulisannya Discourse on Method,
ia memperkenalkan ide baru untuk menggambarkan posisi titik atau obyek pada sebuah permukaan, dengan
menggunakan dua sumbu yang bertegak lurus antar satu dengan yang lain. Dalam
tulisannya yang lain, La Géométrie, ia
memperdalam konsep-konsep yang telah dikembangkannya.
Sistem koordinat dua dimensi
Koordinat adalah
bilangan yang dipakai untuk menunjukkan lokasi suatu titik di garis permukaan atau ruang. Koordinat dapat memudahkan kita
dalam menemukan letak benda.
Sistem koordinat Kartesius dalam dua dimensi umumnya
didefinisikan dengan dua sumbu yang saling bertegak lurus antar satu dengan
yang lain, yang keduanya terletak pada satu bidang (bidang xy). Sumbu
horizontal diberi label x, dan sumbu vertikal diberi label y.
Pada sistem koordinat tiga dimensi, ditambahkan sumbu yang lain yang sering
diberi label z. Sumbu-sumbu tersebut ortogonal antar satu dengan yang
lain. (Satu sumbu dengan sumbu lain bertegak lurus.)
Titik pertemuan antara kedua sumbu, titik asal, umumnya
diberi label 0. Setiap sumbu juga mempunyai besaran panjang unit, dan
setiap panjang tersebut diberi tanda dan ini membentuk semacam grid.
Untuk mendeskripsikan suatu titik tertentu dalam sistem koordinat dua dimensi,
nilai x ditulis (absis),
lalu diikuti dengan nilai y (ordinat).
Dengan demikian, format yang dipakai selalu (x,y) dan urutannya
tidak dibalik-balik.
Ssistem koordinat Kartesius memiliki 4 kuadran (2 dimensi)
Pilihan huruf-huruf didasari oleh konvensi, yaitu
huruf-huruf yang dekat akhir (seperti x dan y) digunakan untuk menandakan
variabel dengan nilai yang tak diketahui, sedangkan huruf-huruf yang lebih
dekat awal digunakan untuk menandakan nilai yang diketahui.
Sebagai contoh, pada Gambar 3, titik P berada pada
koordinat (3,5).
Karena kedua sumbu bertegak lurus satu sama lain, bidang
xy terbagi menjadi empat bagian yang disebut kuadran, yang pada Gambar 3 ditandai dengan angka I, II, III, dan
IV. Menurut konvensi yang berlaku, keempat kuadran diurutkan mulai dari yang
kanan atas (kuadran I), melingkar melawan arah jarum jam (lihat Gambar 3). Pada
kuadran I, kedua koordinat (x dan y) bernilai positif. Pada kuadran II,
koordinat x bernilai negatif dan koordinat y bernilai positif. Pada kuadran
III, kedua koordinat bernilai negatif, dan pada kuadran IV, koordinat x
bernilai positif dan y negatif (lihat tabel dibawah ini).
Kuadran
|
nilai
x
|
nilai
y
|
I
|
>
0
|
>
0
|
II
|
<
0
|
>
0
|
III
|
<
0
|
<
0
|
IV
|
>
0
|
<
0
|
Langganan:
Postingan (Atom)